Di era globalisasi yang serba modern ini, tentu amat penting peran IT (Informatics technology) di sekolah. Mulai dari, hal kecil seperti menulis, menggambar, mendengar atau melihat semua dapat diakses maupun diolah lebih cepat dan lebih maksimal dengan adanya teknologi (IT).

Tak terkecuali SMK N 2 Yogyakarta yang belum lama inimenyandang predikat SBI (Sekolah bertaraf Internasional). Teknologi IT yang mendunia sangat pesat dan terus berganti dengan inovasi- inovasi terbaru sangat memberi efek dan respon dari semua kalangan.

Khususnya, Aku salah satu siswa SMK N 2 Yogyakarta Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. IT menurutku adalah sebuah alat yang berkembang menuju kekreativitasan yang maksimal dan tak hanya membuat namun memberi kesempatan untuk belajar. Belajar dengan menjelajah ke seluruh belahan dunia.

Sebuah ketertarikan awal, obsesi untuk bias belajar menjadi yang terbaik. Tak perlu berkata “AKU YANG TERBAIK”, namun cukup “INI ADALAH USAHA TERBAIKKU”, UNTUK JADI SATU DI ANTARA BERJUTA TERBAIK”.

SMK N 2 Yogyakarta menfasilitsi dengan adanya Lab. Komputer, Lab. SAS, dan UPJ (Unit Produksi jaringan).
UPJ adalah pilihan pertama siswa SMK N 2 Yogyakarta yang ingin berinternet ria mungkin karena biaya yang terjangkau (1 jam Rp 1000,-). Biasanya, dipadati oleh siswa yang sibuk mencari tugas maupun bermain- main (Nge-games, friendster, Nge- blog).
Namun, bagi para KuliTinta’s Clubbers lebih memilih pergi ke Lab. SAS. Selain fasilitas yang ada di dalamnya lebih memadai (ber- AC & ber- Head Set) menggunakan fasilitas Lab. SAS pun sama sekali tidak dipungut biaya (hehe^-^).
Jadi, siswa bebas menjelajah ke seluruh belahan dunia tanpa harus memikirkan biaya yang dikeluarkan. Namun, pemakaian Lab. SAS juga terjadwal, demi pemaksimalan pemanfaatan fasilitas yang ada.

SMk N 2 Yogyakarta, meningkatkan peran dan mutu IT melalui fasilitas- fasilitas tersebut, demi pencapaian visi dan misi sekolah. Semoga SMK N 2 Yogyakarta benar- benar menjadi sekolah yang bermutu tinggi dalam ber- IT, maupun akhlaq dan budi pekerti yang dimilikinya.