Hari ini, Beasiswa "ITB Untuk Semua" (BIUS) resmi memberi kesempatan kepada 1.159 siswa dari keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia untuk mengikuti ujian masuk ITB secara gratis. Para peserta tersebut, yang lolos dari lebih dari 2.000 pendaftar, telah dikirimi e-mail pemberitahuan oleh ITB. (Mereka yang tak dikirimi e-mail berarti tidak lolos.)

Ke 1.159 siswa angkatan 2010 tersebut akan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh ITB pada Maret-April 2010, di 15 kota. (Daftar kota bisa dilihat di http://www.itbuntuksemua.com/infopeminat/seleksi.) Normalnya, peserta ujian PMBP-ITB 2010 Daerah dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp850.000.

Mereka yang lulus ujian--mudah-mudahan cukup banyak--akan diberi beasiswa oleh ITB. Mereka yang terbaik akan menerima BIUS yang menanggung biaya kuliah dan ongkos hidup. Yang lulus namun nilainya tak masuk kelompok terbaik dibebaskan dari uang kuliah tetapi harus menanggung biaya hidup sendiri.

Banyaknya penerima BIUS ditentukan oleh jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan panitia penyelenggara, yang saat ini tengah bekerja mengumpulkan sumbangan.


PERUBAHAN
Perlu diinformasikan, skema BIUS 2010 berbeda dengan BIUS 2009. Tahun lalu, dari sekitar lebih dari 3.000 pendaftar, dipanggil 200 terbaik dan potensial untuk ujian di kampus ITB, Bandung. Dari jumlah itu, hanya 27 yang lulus ujian sehingga panitia penyelenggara memutuskan membuka kesempatan kedua melalui ujian nasional SNMPTN yang diadakan pemerintah. Tigabelas siswa lulus sehingga, secara total, kini 40 siswa telah berkuliah di ITB sebagai penerima BIUS.

Tahun ini, syarat pendaftaran diperberat. Keterangan keluarga kurang mampu (penghasilan orangtua sekitar UMR) harus berasal pula dari dinas sosial, minimal tingkat kecamatan. Tahun lalu, surat keterangan tersebut cukup dari RT/RW, namun panitia kemudian melakukan verifikasi lapangan kepada para penerima beasiswa.

Berbeda dengan tahun lalu pula, mereka yang memenuhi syarat dokumen kurang mampu langsung diberi kesempatan ujian, tak diseleksi terlebih dahulu dari nilai raport dan karangan permohonan beasiswa.

Jadi, bilamana tahun lalu hanya 13,5% peserta ujian berhasil lulus ujian (27 dari 200), tahun ini (karena persyaratan akademis diperlonggar) persentase yang diterima kemungkinan lebih kecil . Namun demikian, panitia tetap berharap yang lulus ujian tetap bisa melampaui 100 siswa.

Untuk angkatan 2009, panitia penyelenggara menganggarkan beasiswa senilai Rp100 juta per mahasiswa untuk kuliah selama 4 tahun. Para donatur telah memberikan uang donasi beasiswa, per mahasiswa, secara penuh di muka. Untuk angkatan 2010, anggaran untuk setiap mahasiswa ditingkatkan menjadi Rp110 juta.

Demikian informasi perkembangan program "ITB Untuk Semua" 2010. Kami juga mengajak rekan-rekan untuk ikut serta menjadi donatur dari program ini.
Salam hangat penuh semangat.
Sumber : http://www.itbuntuksemua.com

2 Responses so far.