Mana Hacker, Mana Cracker??
Pernah denger tentang Hacker? Wuih, sepertinya bulu kuduk kita langsung merinding kalo inget aktivitas para hacker. soalnya setau kita yang namanya hacker pasti sering bikin ulah di dunia maya dan sering bikin kerjaan kita keki berantakan. Entah data hilang, sistem Operasi terkunci, software sulit dieksekusi dan banayk lRata Penuhagi deh. Greget deh ma yang namanya Hacker. Ops! Nanti dulu, ternyata Hacker gak sejahat itu lho. Kayaknya ada yang belum kamu ketahui mengenai sisi lain dari kehidupan nyleneh di dunia maya. So, singkat kata tulisan ini akan sedikit mengungkap... hehe^^ Entah seperti apa dunia maya kalo para Hacker gak muncul. Soalnya banyak hal baru di dunia maya yang gak bakal pernah ada tanpa kehadiran para Hacker. Siapa sangka kalo tenyata gara- gara aksi mereka. Kemudian UNIX, komputer Apple, dan PC yang juga merupakan hasil karya para Hacker. Cuma selama ini setau kita gak ada tuh aksi hacker yang menguntungkan. Yup, soalnya kita termakan opini kalo Hacker itu jail, dan kita gak tahu mana Hacker yang betulan dan mana yang gadungan. Soalnya emang tipis sih perbedaan antara keduanya. Kalo kita gak pernah tahu informasi tentang hacker kita pasti akan menganggap kerjaan mereka nyeleneh melulu. Nah biar kamu lebih tahu tentang Hacker, apa aja yang terjadi di dunia hacker, dan banyak lagi tentang Hacker, kamu musti simak di bawah in!!!!!!!!!!!!!



Apa itu Hacker?
Hacker bukan nama salah satu jenis makanan atau merk pakaian. Tetapi, Hacker adalah sebutan buat orang yang gemar menyelesaikan masalah dan mengatasi keterbatasan dengan kemampuan teknisnya. Walaupun Hacker termasuk orang bumi, tapi mereka lebih senang hidup di dunia maya. Bisa dbilang kalo mereka rela hidup di mana saja, asal ada koneksi internet. Weleh,,,, weleh,,,, user sejati euy!!! Para Hacker juga membuat sebuah komunitas dan budaya di dunia maya. Dari sini terbentuk dua macam jenis Hacker, yang pertama ahli jaringan dan kedua ahli progamer. Keduanya telah memberikan peran yang banyak untuk kemajuan komputer. Yang pasti, tujuan Hacker membangun dan bukan merusak. Berbeda dengan Cracker yang memang kerjaannya rusuh ngancurin komputer orang lain. Para Hacker sendiri mengatakan kalo cracker adalah orang malas. kurang cerdas dan enggan bergaul dengan Cracker.

Muncullah Hacker!
Bisa dibilang kalo "orang super". Soalnya memang kebanyakkan dari merka memiliki kecerdasan di atas rata- rata. Walaupun itu bukan syarat utamamenjadi seorang Hacker, tapi kenyataannya seperti itu. Nah, berangkat dari sini, kita bisa ngebayangin gimana lancarnya mereka melakukan 'pelecehan' terhadap komputer. He... he...
Awal kemunculannya berawal dari keinginan mengubah kinerja sebuah mainframe (komputer besar) yang dikunci rapat pada sebuah ruangan dan dijaga dengan ketat agar mainframe tersebut dapat lebih mudah digunakan. Waktu itu tahun 1969, dua orang yang diakui sebagai Bapak Hacker ( Dennis Ritchie dan Ken Tompson) membobol dan membuat jalan pintas untuk akses ke mainframe tersebut. Hebatnya, keberhasilan mereka membobol kompi gede menjadi awal munculnya generasi komputer seperti mini komputer dan micro komputer yang udah pasti ukarannya lebih mungil dan mudah untuk digunakan.
Nah, setelah terjadinya peristiwa ini, Hacker lainpun bermunculan. Sebut saja Murphy (Captain Zap) yang mengubah jam internal milik perusahaan telekomunikasi Amerika AT & T,atau Kevin Mitnick yang biasa dipanggil condor di dunia maya. Kemudian ada juga Morris dan Kevin Poulsen yang punya nma bagus Dark Dente.
Semakin kesini ternyata komunitas Hacker bertambah. Apalagi setelah adanya penemuan- penemuan baru di bidang komputer baik program maupun jaringan. Bahkan peran mereka uda gak keitung buat ngebangun dunia maya menjadi semakin berwarna. Begitulah semakin melakukan penampakkan di dunia lain, seremmmm.......

Beda Hacker & Cracker!
Sepintas emang gak keliat bedanya. Soalnya dari segi kemampuan mereka sama. Bahkan untuk ukuran pengetahuan bisa dibilang gak berbeda dan gak ada duany. Bedanya kalo Hacker melakukan aksi penyerangan untuk membangun atau memberi peringatan. Sedangkan cracker itu kebanyakan para remaja yang punya kemampuan dan baru ngeh soal dunia maya. Mereka pengen show of force (unjuk gigi) kalo mereka itu hebat bisa ngacak ngacak dunia maya. Biasa sih, namanya juga remaja, egonya selalu pengen ditampilin kayak kamu- kamu juga khan. Kalo udah diperhatiin orang rasanya jadi punya ke bahagiaan sendiri gitu. Padahal elmunya belum seberapa. He..he.. makanya jangan sombong donk!!
Nah beda Hacker, biasanya serangan mereka gak sembarangan. Hanya tempat- tempat tertentu saja yang mereka serang. Mereka tidak merusak sistem, tetapi mereka hanya mengunci atau mengalihkan alur logika sebuah sistem. Tujuannya, biasanya untuk peringatan terhadap sebuah keotoriteran. Karena para Hacker memang membenci sebuah keotoriteran. Karena para Hacker membenci sebuah keotoriteran dalam dunia maya. Mereka menganggap sharing (saling berbagi) di dunia maya adalah suatu yang harus dilakonin. Bukan untuk menunjukkan kesombongan begitu kira-kira.

Terobosan Hacker!
Kalo kita lihat banyak sekali sistem keamanan ditawarkan unutk menjaga komputer kita dari berbagai serangan yang mengganggu. Namun, bagi Hacker tidak ada sistem keamanan dalam dunia maya. Yang ada hanya 'perang' kekuatan dan kecerdasan. Di dunia maya berlaku hukum rimba, siapa yang lebih pandai dia yang akan menang. Hanya sayangnya, terkadang kalo udah mentok untuk mengatasi Hacker, yang dilakukan adalah menangkapi para hacker dan mememnjarakannya.
So, sebenernya tidak ada sistem keamanan yang canggih dalam dunia maya. Karena semua bisa berbuat sesukanya selama ia memang mampu. Satu-satunya cara yang paling aman agar terhindar dari gangguan serangan Hacker, adalah memasukkan kembali komputer ke dalam boxnya. So, ingatlah pesan bang napi, Waspadalah!!!
Itulah kehidupan nyeleneh di dunia maya. So pasti, emang ada baik buruknya dan untung ruginya. Dan yang paling penting, kalo kamu mau jadi seorang Hacker, kamu kudu tau apa yang harus kamu lakukan sebagai remaja Indonesia. Tujuannya kudu jelas, dan gak keluar dari jalur. OK?