Perguruan tinggi tentu terdiri dari berbagai pilihan, mulai dari bentuknya dan fakultas yang diinginkan. Tentu sebelum melangkah lebih jauh tiada salahnya jika kita tahu sepak terjang dan apakah perbedaan dari institusi perguruan tinggi yang ada berbagai macam di Negara ini.
Definisi bentuk- bentuk perguruan tinggi tersebut adalah ;
Universitas
Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan program pendidika akademi atau professional yang beragam dan dikelompokkan dalam fakultas- fakultas. Misalnya : fakultas ekonomi memiliki jurusan Akuntansi, Manajemen dan lain- lain.
Universitas negeri : UNY, UI, UGM,UNAIR, UNDIP, UNPAD, UNS, UNSRI, UNHAS
Universitas Swasta : UII, UPN, UAD, UTY, UPI, USD, UAJ

Institut
Suatu Perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan akademi atau professional dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, atau kesenian yang sejenis. Misalnya Institut pertanian memiliki program studi peternakan.
Institut negeri : ITB, IPB, ITS, ISI
Institut swasta ISTA, ISTIPER

Sekolah Tinggi
Perguruan TInggi yang menyelenggarakan program pendidikan atau professional dalam disiplin ilmu tertentu, Misal Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
Sekolah tinggi negeri : STAN, STTN
Sekolah tinggi swasta : STIE YKPN, STIKES, STTNAS

Akademi
Perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan atau professional dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi atau kesenian tertentu. Lebih menekankan pada ketrampilan praktik kerja dan kemampuan untuk mandiri.
Akademi negeri : AAU, APP, ATK, AAL, AIP
Akademi swasta : ABA, YIPK, AA YKPN, AMIK ASTER

Politeknik
Serupa dengan akademi, menyelenggarakan program pendidikan professional dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Bedanya, politeknik memberikan porsi lebih besar pada praktik langsung.
Politeknik negeri : Politeknik Bandung, Politeknik Negeri Jakarta
Politeknik swasta ; Politeknik API, Politeknik LPP
Semoga dengan itu kita bisa jauh mematakan di mana Perguruan Tinggi yang cocok dan pas untuk kita.

3 Responses so far.