Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu Communicare, yang artinya “sama”. Jadi apabila kita berkomunikasi dengan pihak lain, maka kita harus menentukan terlebih dahulu suatu sasaran sebagian dasar untuk memperoleh pengertian yang sama.
Bagi kita, komunikasi merupakan tukar menukar pikiran pendapat dan perasan untuk menemukan persamaan dalam perbedaan sebagai dasar musyawarah dan mufakat, dalam artian, komunikasi berlangsung untuk mencapai titik temu dan kesamaan makna dari suatu obyek.

Menurut para ahli –ahli komunikasi, komunikasi adalah proses kegiatan penyampaian berita  atau informasi yang mengandung arti dari suatu pihak lain atau seseorang dalam upaya mendapatkan saling pengertian.
Pada Millenum III (era globalisasi) ,  penyampaian berita tidak  hanya terbatas pada manusia saja, tetapi peralatan elektronik pun maupun menjadi alat pengirim dan penerima berita.

Arti  Pentingnya  Komunikasi  Dalam Suatu  Usaha  Perhotelan & Resorts

Komunikasi merupakan salah satu bidang yang penting dalam kegiatan suatu hotel restoran karena pada hakekatnya hotel sebagai tempat berkumpulnya orang-orang atau sebagai suatu tempat melakukan komunikasi. Komunikasi membantu dunia bisnis atau personal bagaimana setiap pribadi dapat efektif menjalankan tugas-tugasnya dalam organisasi yang modern.

Semua fungsi dalam organisasi modern tergantung pada komunikasi, seperti dalam situasi hotel, orang-orang yang berperan didalamnya memerlukan komunikasi. Mulai dari manager hotel sampai tenaga pelaksana pada hotel tersebut perlu mengenal alur komunikasi yang ada baik secara horizontal, vertical maupun  diagonal.
Hal tersebut wajar, karena dengan komunikasi setiap pekerja akan mampu mentransfer informasi atau pesan dari satu pihak ke pihak lain. Jika pesan itu dipahami oleh orang lain kita katakan komunikasi itu berhasil, tetapi bila sebaliknya, maka komunikasi itu gagal. (Artikel tentang hotel: Singgasana Hotels & Resorts pilihan akomodasi terbaik di Indonesia)

Keberhasilan komunikasi yang baik akan dapat mewujudkan situasi yang bersifat kekeluargaan, bersahat, sehingga akhirnya dapat memperkuat keinginan seseorang atau organisasi. Seorang komunikator yang efektif harus mampu memberikan pengertian dan ide-ide secara terampil. Oleh karena itu setiap pegawai hotel perlu memahami komunikasi agar dapat tercipta komunikasi yang sehat terbuka.Hal ini penting untuk meningkatkan dedikasi. Selain itu juga dapat membantu dalam hal lainnya seperti :
a). Meningkatkan kesetiakawan dan loyalitas antara sesama personal yang ada dalam suatu lingkungan kerja hotel.
b)  Meningkatkan kegairahan kerja pegawai.
c)  Meningkatkan displin yang tinggi .
d)  Meningkatkan kerjasama antar karyawan.
e)  Meningkatkan rasa tanggung jawab.
f)  Mempercepat informasi yang dibutuhkan oleh para karyawan
g) Meningkatkan operasional yang efesien